Langsung ke konten utama

Apa Itu Islam??

     Pertanyaan mendasar, bahkan bias dibilang tak sempat terpikirkan karena kita memang dilahirkan di lingkungan islam. Tapi tetap saja itu akan menjadi pertanyaan, sebelum kita benar benar mengerti apa itu islam dan kenapa kita harus berislam.
Menurut buku yang tulis oleh Abul Ala Al Maududi yang berjudul Dasar Dasar Islam. Bahwa Islam merupakan karunia terbesar yang diberikan alloh kepada manusia. Nah berarti yang ibu bapaknya sudah islam enak dong yah, hehe… bagaimana dengan yang lahir dalam keadaan non islam? Apakah tidak mendapat karunia?.. (*mikir keras).
    Nah berislam itu tidak ada kaitannya dengan keturunan, atau garis darah. Sebenarnya setiap manusia itu lahir kedunia dalam keadaan islam. Hehe.. Rasul bersabda  “Setiap bayi dilahirkan dalam keadaan fithrah, maka kedua ibu-bapaknyalah yang akan menjadikannya seorang Yahudi atau seorang Nasrani atau seorang Majusi”. (H.R Muslim) . Jadi sebenarnya bayi yang lahir kedunia berada pada fase fitrah, atau suci dari segala apapun, karena belum terkontaminasi apapun. Dan lingkungan nya lah yang mempengaruhi jalan hidup si bayi menjadi dewasa. Tapi hidayah dan karunia alloh itu tidak hanya untuk yang lahir dari keluarga muslim saja. Tidak sedikit yang mualaf tapi tidak ada keluarga mereka yang muslim.
    Balik lagi ke bahasan apa itu islam. Islam menurut Wikipedia adalah "berserah diri kepada Tuhan") adalah agama yang mengimani satu Tuhan, yaitu Allah.  Nah jadi islam itu artinya berserah diri, menghambakan dan bergantung kepada apapun yang diperintahkan oleh alloh. Jadi untuk menjadi muslim kita hanya menerima islam sebagai jalan hidupnya dan menuruti segala apa yang diperintahkan alloh. Dalam buku dasar dasar islam karya al maududi dijelaskan syarat menjadi muslim tidak hanya mengucapkan saya menerima islam sebagai agama saya.


To be Continued…. 

Postingan populer dari blog ini

RAID

bagi yang suka perserveran, pasti udah kenal ama istilah RAID Harddisk. bukan the Raid yah,,,, RAID ini fungsinya menyatukan kapasitas harddisk jadi satu kesatuan,, yah kira kira begitulah.. hahaha

RAID Levels

1. RAID O.
Arti : Keseluruhan harddisk yang dimiliki akan berfungsi sebagai tempat penyimpanan data. dengan kata lain data yang kita simpan kedalam harddisk akan di stripping keseluruh harddisk anggota dari RAID 0 tersebut.
Contoh : 4 Harddisk SCSI berkapasistas 72GB per Disk di configure dengan RAID 0 maka total harddisk yang dapat dijadikan penyimpanan data adalah keseluruhannya ( 4 x 72 GB)
Kelebihan : Dengan RAID 0, kapasistas harddisk yang dimiliki untuk penyimpanan data adalah total dari keseluruhan harddisk yang dimiliki, tanpa ada pengurangan
Kekurangan : Jika salah satu harddisk fails dalam RAID 0, maka data akan hilang tanpa ada penggantinya.
2. RAID 1
Arti : Harddisk dalam RAID 1 dapat diartikan sebagai mirroring, karena setengah dari jumlah Harddisk yang diposisikan…

ISLAM AGAMA YANG MUDAH

Islam adalah agama yang penuh kemudahan dan berusaha menghilangkan segala bentuk kesulitan, dan inilah salah satu keutamaan ummat Islam yang dirahmati. Allah Subhanahu wa Ta'ala sendiri telah melepaskan/menghilangkan segala bentuk belenggu dan ikatan dari diri mereka sebagaimana yang pernah mengekang ummat-ummat terdahulu.

Keringanan-keringanan dalam agama Islam banyak sekali, diantaranya : berbukanya musafir ketika bepergian, orang yang tertinggal dalam shalat boleh mengqadha (mengganti), orang yang tertidur atau lupa boleh mengqadha shalat, orang yang tidak mendapatkan binatang sembelihan dalam haji tamattu boleh berpuasa, tayamum sebagai ganti wudhu ketika tidak ada air atau ketika tidak mampu untuk berwudhu … dan lainnya diantara keringanan yang banyak tidak diamalkan kecuali jika terdapat kesulitan dalam melaksanakan perintah yang sebenarnya.

Dan perlu kita perhatikan, bahwa keringanan-keringanan ini adalah syari’at Allah Jalla Jalaluhu dan sunnah Rasulullah Shallallahu ‘alaih…

Lembaran Baru

Assalamualaikum..


waduh udah lama ga ditengokin, ini blog udah banyak sarang laba labanya.. :p. Mulai bersih bersih lagi nih,,,
ok sementara cuma ngetes posting aja. udah hampir 2 taun nih ga nulis ama update blog. soalnya udah keseringan update status facebook ama twitter,

Mungkin di session baru ini, banyak ngebahas hal hal yang kurang penting. hahaha.. sekedar menuangkan ide ide gila dan pandangan seorang yang belajar menuntut ilmu.. ehehe..

baru dikit nulis aja udah pegel pegel nih pundak.. ckckc harus banyak berlatih ini.. hahaha